25 November 2008

Kiat Menghadapi Krisis Global

Krisis keuangan yang merambat pada resesi global tahun 2008 ini bisa lebih buruk dari krisis 10 tahun lalu. Tapi untunglah kondisi ekonomi negara kita sekarang lebih kuat. Krisis saat ini asalnya dari luar negeri bukan dari dalam negeri. So agar anda terhindar dari dampak krisis global, tidak ad salahnya jika anda membaca tulisan di bawah ini :

A. Kondisi ekonomi:

1. Krisis keuangan di AS sangat sangat sangat parah. Hampir tidak ada yang selamat. Ini sistem yang hancur karena kebijakan ekonomi mereka sangat spekulatif.
2. Krisis itu telah menjalar ke seluruh dunia, tidak ada negara yang tidak terpengaruh. Tapi ada rumor yang mengatakan bahwa negara ini bakal kuat, bakal jadi pemimpin, mudah-mudahan...
3. Banyak negara sudah memasuki masa resesi, seperti Inggris dan Singapura. Sebenarnya banyak sekali negara sudah masuk resesi tapi secara definisi belum karena dalam definisi ekonomi suatu negara dinyatakan resesi bila pertumbuhan ekonominya negatif 2 kuartal berturut-turut. Jadi yang tinggal di Singapura, Inggris dan US harus melakukan perubahan gaya hidup mulai sekarang.

4. Krisis ekonomi sudah menjalar ke sektor real artinya akan kita rasakan. Sekarang sebenarnya sudah tapi tidak banyak orang awam yang benar-benar sadar dampaknya. Ekspor kita sudah melambat, harga-harga komoditas kita sudah jatuh, eksportir-eksportir kita sudah memecati karyawan, impor ilegal sudah masuk. Pertumbuhan ekonomi kita bisa negatif.
5. Sektor-sekor yang paling dulu terkena imbasnya adalah properti, manufaktur, pertambangan, perkebunan sebenarnya sekarang udah terasa. Jadi tahun depan jangan harapkan perusahaan kalian kasih bonus besar lagi atau kasih kenaikan gaji tinggi lagi, Artinya : Semua orang, semua negara sedang dalam perang memperebutkan cash. Siapa yang punya cash nantinya punya kemampuan lebih untuk bertahan.


B. Saran dari Saya

1. Gaji dan semua income jangan dibelikan investasi lagi. PEGANG CASH. Investasi tunda dulu deh. Kalo memang ada duit lebih deposito saat ini yang paling cocok, itu juga near to cash walaupun ada jatuh temponya. Untuk deposito aku saranin:

* Masukkan ke bank yang aman, buat kalian aku sarankan kalo bisa Bank pemerintah.
* Bunga penjaminan pemerintah hanya 10%. Artinya bila deposito kalian mendapat bunga di atas 10% maka uang kalian tidak akan dijamin oleh pemerintah. Bila, bank itu kolaps, maka uang kalian bisa saja hilang.
Lalu nominal yang diganti hanya maksimal 2 M. Mungkin kalian tidak ada yang punya sebanyak itu tapi informasi ini bisa dishare ke rekan anda yang duitnya banyak.

2. Barang-barang tertier terutama yang bakal dibeli pake kredit nanti dulu deh. Pintar-pintar berhemat.

3. Bila kalian dengar harga emas naik dan sebagainya, jangan tergiur. Emas memang naik, tapi sangat volatile. Contoh temanku, beli emas, Niatnya mau jualan, eh telat, sekarang turun lagi. Lagian percaya deh, Sulit jualnya karena semua orang dalam kondisi pengin jualan. Kalian bisa beli kemungkinan besar susah jualnya.

5. Jangan panik lalu ikut-ikutan an beli emas atau dollar. Dollar justru lagi tinggi-tingginyanya. Udah Rp 10,000 an. Dollar yang tinggi ini karena investor asing menarik uangnya dari Indonesia, mereka kan butuh dollar supaya bisa dibawa ke negara mereka. Jadi bukan karena kondisi ekonomi kita yang jelek.

C. Rumor Ekonomi

1. Ekonomi Indonesia kuat, jauh lebih kuat daripada Singapore bahkan. Singapore sudah masuk resesi, 2 kuartal berturut-turut -6%. Indonesia masih tumbuh 6%. Bila ada rumor yang mengatakan bahwa krisis kali ini disebabkan oleh pemerintah kita yang payah jangan percaya. Tim ekonomi kita dalam menanggulangi krisis sudah on track.
2. Jika ada rumor yang mengajak kalian menggulingkan pemerintah sekarang seperti zaman Soeharto, jangan terpancing.
3. Hutang luar negeri kita cukup kecil saat ini dan cadangan devisa kita jauh lebih kuat daripada tahun 97/98. Dulu hutang luar negeri kita 100% dan cadangan devisa kita nol. Saat ini kita juga tidak ada hubungan lagi dengan IMF. Semua hutang kita itu independent.

D.Tindakan

1. Selain menyediakan cash untuk keperluan kita dan keluarga, mulai sekarang belilah dan pakailah produk dalam negeri. Aku bukan sok idealis, ini ada logikanya. Logikanya gini. Sekarang semua negara butuh cash, istilahnya ngga ada yang beli dagangan mereka, semua negara maunya jualan produk mereka supaya dapat cash. Nah, ngapain coba kita ngasih rakyat negara lain pendapatan dengan membeli produk2 mereka? Rugi amat.
So, pake semua produk lokal. Kita mulai dari diri kita sendiri. Belanja ke Singapore nya ntar dulu. Travelling ke Phuket nya ntar dulu.

2.Produk impor yang menggiurkan sudah masuk menyerbu ke Indonesia. Itu sebenarnya dagangan negara2 lain yang tidak laku di USA karena USA dan negara2 kaya dan maju sudah bangkrut sehingga ngga minat lagi. Harga barang itu murah tapi sekali lagi, ngapain kasi makan negara lain sementara negara itu sudah tidak punya kapasitas lagi kasih makan kita.
Ini bukan kondisi normal lagi ketika perdagangan antar negara terjadi karena saling membutuhkan, ini sih negara yang jualan udah ngga bisa timbal balik beli barang kita . Lagian hati-hati, mereka masuk dengan barang palsu kaya telur palsu dari bahan kimia.Yang sudah masuk sih barang dari China karena ekspor mereka tidak terserap oleh US makanya dibuang ke Asia. Dan ingat walaupun ekonomi China masih tumbuh 10% dan cadangan valas merekan terbesar di dunia, duit mereka juga sudah banyak ketanam di AS sehingga mereka juga merasakan dampak krisis ini.

3. Sekarang udah ngga pada kondisinya deh ngributin masalah politik dan ideologi, so jangan terpancing, amankan dulu perut.


E.Investasi


1.Bagi kalian yang punya reksadana di saham, kalo nilai investasi kalian sudah di bawah 50%, biarkan saja, jangan dijual karena kalo kalian jual maka uang kalian benar-benar akan tinggal dikit. Biarkan saja nanti balik lagi tapi kali ini memang lama minimal 2 tahun bahkan lebih. Sekali lagi ini krisis yang sangat besar, terbesar sepanjang masa ekonomi dunia modern.
2. Jangan beli asuransi dengan link lagi. Bila ada asuransi dengan Link di dalamnya aku jamin hasil investasi kalian kecil sekali. Kalo belum lama belinya tanya ke agennya bisa tidak diswitch ke murni asuransi.
3. Kalo memang ada duit lebih, masukkan saja ke deposito. Sekarang yieldnya lagi tinggi tapi ingat penjelasan saya tentang deposito di atas.
4. Mencari tambahan penghasilan misalnya dengan berbisnis boleh saja dilakukan asal resikonya minimal. Artinya adalah anda harus memahami bisnis itu sendiri sebelum menjalankannya. Ketidaktahuan tentang bisnis tersebut akan membuat resiko besar. Bijaksanalah menggunakan uang anda mulai dari sekarang.

Sumber : mailing list yahoogroups

Komentar :

ada 1
Otopedia.com mengatakan...
pada hari 

Harus diingat juga, dalam setiap krisis, selalu ada kesempatan / opportunity ...

Media Terbaik Jual/Beli mobil
http://www.Otopedia.com

GRATIS pasang iklan jual/beli mobil,
Untuk yang hunting mobil, ada ribuan mobil di database,
Silahkan coba sekarang juga...

donate here

Advertisers

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga LP* modified by eka DOT